Home » Ingin Memulai Bisnis Bakso Bakar, Ketahui Dulu Hal Ini!

Ingin Memulai Bisnis Bakso Bakar, Ketahui Dulu Hal Ini!

Bakso dicampur kuah dan mie cukup populer di Indonesia dan mudah ditemukan. Maka  pebisnis kuliner harus membuat inovasi baru dari bakso ini agar berbeda dari biasanya, salah satunya dengan cara dibakar. Bisnis bakso bakar ini cukup menjanjikan, bila pebisnis ingin mencobanya harus mengetahui terlebih dahulu hal berikut ini:

Bisnis Bakso Bakar

Peluang Bisnis Bakso Bakar

Siapa sih yang tidak tahu bakso? Kuliner satu ini cukup mudah ditemukan di berbagai wilayah. Namun, baso tersebut hanya dijual dengan penyajian yang biasa, yaitu kuah dan mie. Kali ini ada inovasi baru berbisnis bakso yaitu bakso yang dibakar.

Bakso bakar Ini tergolong baru dalam bisnis kuliner, tapi memiliki peminat yang cukup banyak. Hal tersebut dikarenakan, bakso ini memiliki citarasa yang lezat. Terlebih penyajiannya ditambahkan dengan bumbu kacang seperti sate, tentunya menambah rasanya semakin gurih. Penyajiannya juga unik yaitu dengan ditusuk seperti sate.

Bisnis ini memberikan celah kepada pebisnis untuk meraup keuntungan besar karena peluangnya terbuka lebar. Berikut ini peluang bisnis bakso bakar yang menguntungkan:

  • Disukai oleh semua kalangan usia. Hal tersebut merupakan peluang besar untuk menjual bakso di tempat strategis karena siapa saja akan tertarik membelinya bila melihatnya.
  • Harga bakso terjangkau. Konsumen lebih memilih untuk membeli sesuatu berdasarkan harganya. Demikian juga dengan bakso bakar ini, karena harganya yang murah menjadikan peluang bisnis yang menjanjikan.
  • Rasa Lezat dan Bergizi. Hal tersebut bisa dijadikan peluang untuk menarik konsumen. Kelebihan bakso ini terbuat dari daging ayam atau sapi yang baik untuk asupan protein selain rasanya yang gurih.
  • Dapat dijual dimana saja. Penjual bakso bakar bisa menentukan sendiri target pemasaran yang dilakukannya, sehingga membuat bisnis ini dapat dilakukan di mana saja. Penjual bisa memilih tempat berjualan di sekolah, pasar atau lingkungan perkantoran karena peminatnya berasal dari semua usia.
  • Bumbu bakso diperoleh dengan mudah. Bakso merupakan makanan yang banyak diminati di Indonesia, sehingga tidak akan sulit untuk mendapatkan bumbunya. Begitu juga dengan bakso bakar ini karena kemudahan untuk mendapatkan bumbunya, penjual tidak akan sulit untuk mengembangkan bisnis ini.
BACA JUGA:  Cara Usaha Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal dan Analisa Peluangnya

BACA JUGA:

Analisa Bisnis

Bisnis Bakso Bakar

Setiap bisnis harus dianalisis terlebih dahulu agar bisa diprediksi besaran keuntungan yang diperoleh. Begitu juga bila berminat untuk bisnis kuliner satu ini harus dianalisis terlebih dahulu besaran modal dan biaya yang dikeluarkan, serta besaran keuntungan yang diperoleh.

Bisnis ini bisa memanfaatkan halaman rumah sebagai tempat usahanya. Simulasi biaya untuk membeli bahan-bahan untuk membuat bakso bakar adalah sebagai berikut:

Bakso ayam (bisa beli yang siap pakai) simulasi nya biaya untuk membeli bakso tersebut adalah  bakso ayam 500 gr @Rp25.0000 isi 100 butir lalu disajikan dalam bentuk sate yang terdiri dari 4 butir bakso per tusuk sate sehingga akan menghasilkan 25 butir sate bakso.

Sate bakso tersebut bisa dijual seharga Rp 2.500. Sebelumnya, tambahkan bumbu kacang dengan asumsi per sate bakso akan menghabiskan biaya Rp 500.

Biaya lainnya untuk membeli gas berukuran 3 kg, tusuk sate, dan plastik. Bahan-bahan tersebut bisa diasumsikan dengan biaya sebesar Rp. 600.000.

Penjual bisa menjualnya hingga 100 buah sate bakso per hari dengan asumsi harga jual sebesar Rp 2.500. Maka menghasilkan omzet penjualan sebesar Rp 250.000/ hari per bulan 30 x Rp250.000 = Rp7. 500.000.

Selanjutnya, omzet tersebut akan dikurangi dengan biaya-biaya operasional sebesar Rp 2. 750.000 ( untuk pembelian bakso, bumbu dan peralatan)  maka menghasilkan laba Rp4.750.000/bulannya.

Bisnis kuliner yang menjanjikan keuntungan besar hanya bisa dihitung dengan jari. Dengan demikian, Pebisnis harus melakukan inovasi dari kuliner yang telah lebih dulu laku dan populer. Misalnya, pebisnis harus berinovasi dari bakso dengan bisnis bakso bakar.

BACA JUGA:  7 Aspek Penting Terkait Usaha Burger Kaki Lima agar Berhasil Sesuai Rencana
Bagikan artikel: