Home » Cara Memulai Bisnis Baju Desain Sendiri Dengan Omzet Puluhan Juta

Cara Memulai Bisnis Baju Desain Sendiri Dengan Omzet Puluhan Juta

Melihat omzet yang bisa tembus hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah beberapa orang mulai melirik usaha baju desain sendiri. Namun sebagian dari mereka kurang puas dengan informasi yang ia cari sehingga merasa kesulitan dan bahkan asal-asalan ketika memulai bisnis baju dengan desain sendiri.

Lantas apa sih sebenarnya yang harus diperhatikan ketika akan memulai bisnis ini? Hal apa saja yang mungkin bisa dipersiapkan dari awal agar bisnis baju ini bisa berjalan dengan lancar? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Memulai Bisnis Baju Dengan Desain Sendiri

Bisnis Baju Desain Sendiri

Untuk memulai bisnis apapun langka pertama adalah niat dan konsistensi. Kedua rumus ini akan menentukan perkembangan bisnis kamu di masa mendatang.

Setelah niat dan konsistensi bisa kamu terapkan selanjutnya lakukan beberapa hal berikut ini khususnya untuk calon pelaku bisnis baju dengan desain sendiri.

1. Memulai Bisnis Lewat Sebuah Platform

Bisnis Baju Desain Sendiri

Tentukan platform yang akan kamu gunakan untuk media pemasaran bisnis online. Jika kamu memiliki modal yang cukup kamu bisa mengandalkan platform website sebagai media iklan dan branding. Namun jika masih minim modal bisa memanfaatkan media sosial seperti:

Jika platform sudah ditentukan mulailah untuk membuat nama serta logo dari brand baju kamu sendiri. Usahakan untuk menggunakan nama brand atau logo yang unik dan menarik agar konsumen kamu mudah untuk mencintanya.

2. Pilih Tema yang Sesuai

Bisnis Baju Desain Sendiri

Ketika kamu memutuskan untuk memulai bisnis baju dengan desain sendiri, tentunya kamu juga sudah memiliki tema desain yang akan kamu buat. Jika kamu bingung sola tema, mulai melakukan riset seputar desain baju yang tengah hits. Setelah itu, kamu bisa jadikan referensi untuk membuat desain baju milik kamu sendiri.

Setelah fix mulai buat desain baju kamu sendiri yang sesuai dengan tema desain  yang sesuai dengan toko kamu. Buat desain baju yang unik, kreatif dan tentunya bukan plagiat ada ide orang lain.

Jika desain yang kamu buat sudah selesai, jangan lupa untuk meminta kritik dan saran kepada orang terdekat kamu. Kritik dan saran dari mereka sangat berarti untuk kamu jadi arikan untuk selalu mendengarkan dan menerima masukan dari mereka.

Jangan egois terhadap deian yang kamu buat. JIka orang lain merasa desain kamu kurang pas maka hal tersebut perlu kamu evaluasi. Kamu bukan menjual barang kepada  diri kamu sendiri melainkan untuk orang lain, jadi lebih baik hargai pendapat mereka dan jadikan bahan evaluasi.

3. Cari Produsen Atau Supplier Untuk Bisnis Kamu

usaha baju desain sendiri

Setelah semua siap tinggal cari produsen atau supplier untuk memproduksi baju yang akan kamu produksi secara masal. Namun jika modal kamu belum seberapa cara ini mungkin bisa kamu skip terlebih dahulu.

Jika kamu memang masih merintis dan modal yang kamu miliki belum cukup, sebaiknya gunakan sistem PO atau Pre Order. Kamu juga dapat bekerja sama dengan supplier P.O.D (print on demand).

Untuk referensi bisa coba: Produsen Daster

4. Unggah Produk Pertama Kamu

Bisnis Baju Desain Sendiri 8
publing.co

Jika 3 cara diatas sudah kamu lakukan selanjutnya tinggal upload produk baju pada platform yang sudah kamu pilih tadi. Jangan lupa gunakan caption menarik, hastag serta penjelasan produk secara rinci dan jelas.

Karena ini  adalah bisnis pertama kamu, usahakan untuk memberikan rate harga yang relevan tidak terlalu maha dan tidak terlalu murah. Untuk menarik konsumen jangan lupa untuk memberikan diskon di hari tertern atau potongan harga untuk pembelian dalam jumlah banyak.

Cara Menjual Baju Desain Sendiri Agar Cepat Laku

dogtrainingobedienceschool.com

Untuk kamu yang ingin menjual baju desain lewat Instagram ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Cara ini bisa kamu lakukan untuk menarik banyak konsumen dan bisa menjadi peluang agar produk kamu laku keras. Berikut beberapa caranya;

Pilih Konten yang Pas

Konten adalah hal krusial yang perlu kamu perhatikan. Dalam beriklan kamu butuh konten yang menarik agar banyak orang yang melirik dagangan kamu. Untuk membuat konten menarik kamu bisa menggunakan video atau foto dengan caption yang menarik.

Selain caption gunakan hastag yang relevan agar banyak konsumen yang terjading ke dalam akun kamu. Lewat sebuah hastag konten kamu akan terlihat banyak orang sehingga orang akan mengenal bahan tertarik dengan baju yang kamu jual.

Ikuti Beberapa Akun Influencer

Untuk menambah daya pikat daan promosi dari akun kamu, jangan lupa untuk mengikuti beberapa akun influencer di Instagram. Bahkan jika kamu memiliki modal besar kamu bisa menyewa untuk endorse baju yang kamu jual.

Endorse lewat influencer ini terbukti dapat meningkatkan penjualan kamu secara lebih signifikan. Agar lebih maksimal pastikan influencer yang kamu pilih memang sudah memiliki rate baik dengan follower yang banyak.

Libatkan Orang Dekat Untuk Promosi

Jika kamu belum mampu untuk menyewa influencer, alternatif yang bisa kamu lakukan adalah memanfaatkan orang dekat untuk promosi. Cara ini bisa kamu lakukan dengan memintanya untuk mengenalkan produk buatan kamu lalu diiklankan ke akun media sosial mereka.

Dengan begitu akan banyak orang yang tau produk yang kamu jual dan kemungkinan produk akan laku menjadi lebih besar.

Bagaimana, sudah siap untuk membuat bisnis baju dengan desain sendiri? Tetap semangat dan jangan mudah menyerah ya!

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!