Home » Pengertian Bandwidth pada Hosting Adalah? Ketahui Penjelasannya Disini!

Pengertian Bandwidth pada Hosting Adalah? Ketahui Penjelasannya Disini!

Seperti diketahui dalam sebuah dunia internet banyak dikenal istilah yang bagi para awam sangat asing dan tidak familiar. Seperti halnya terkait Bandwidth pada Hosting adalah apa yang cukup membingungkan.

Hosting sendiri merupakan sebuah layanan yang berbasis website yang tentunya dapat diakses siapa saja pengguna browser. Untuk itu berikut akan diberikan beberapa uraian terkait Bandwidth itu sendiri.

Daftar Isi

Mengenal Bandwidth pada Hosting

Pada dasarnya istilah Bandwidth merupakan sebuah besaran dari volume sebuah kapasitas internet yang terhubung dengan perangkat. Dalam hal ini, pengertian Bandwidth pada Hosting adalah sama hanya saja transfer koneksi tersebut pada website Hosting itu sendiri.

Besaran dari Bandwidth yang terhubung akan berpengaruh dengan akses dari website tersebut sehingga semakin besar semakin baik. Transfer data internet ini dilakukan setiap detiknya, itulah mengapa Bandwidth memiliki besaran mulai dari byte hingga giga byte.

Belakangan ini semakin majunya teknologi dan berkembangnya layanan Hosting yang digunakan para user juga bersamaan dengan Bandwidth itu sendiri. Sebagian dari provider website memilih untuk menggunakan layanan Bandwidth yang unlimited sehingga nyaman untuk digunakan.

Fungsi Bandwidth pada Hosting

Setelah mengetahui pengertian dari Bandwidth pada Hosting adalah sesuatu hal yang berhubungan dengan penggunaan internet maka ketahui juga fungsinya. Karena nyatanya fungsi dari Bandwidth itu sendiri tidak hanya pada penyedia layanan sambungan internet saja.

  • Mengatur Besaran Data yang Dikirim. Pengaturan ini termasuk pada pembatasan yang dilakukan oleh sistem administrator layanan Bandwidth yang digunakan tersebut. Besaran data ini memang harus dilakukan pembatasan karena berguna untuk tetap menjaga kualitas dan kestabilan dari jalannya internet.
  • Membagi Kecepatan Data. Dalam sebuah website Hosting sudah pasti terdapat perhitungan berapa banyak pengguna yang hadir setiap harinya. Dengan begitu, pembagian kecepatan data dilakukan oleh sistem agar para user yang mengunjungi website tetap mendapatkan koneksi yang sama rata.
  • Membagi Ukuran Media dalam Pengiriman Data. Adanya pembagian ukuran ini akan berbeda antara satu pengguna dan pengguna lainnya biasanya akan dibedakan berdasarkan providernya. Ukuran media dalam pengiriman data diatur dengan pembagian agar tetap maksimal dalam memanfaatkan koneksi dan tidak menghambat penggunaan.
BACA JUGA:  Website Adalah? Ketahui Pengertian, Jenis, Unsur dan Manfaatnya

Cara Menghitung Penggunaan Bandwidth Hosting

Terlepas sudah mengetahui Bandwidth pada Hosting merupakan sesuatu yang penting, maka pengguna juga harus tahu bagaimana cara hitungnya. Karena masih banyak pengguna yang tidak paham jika kebutuhan Bandwidth dari sebuah website bisa diketahui.

1. Perhitungan Jumlah Pengunjung

Pengguna website dalam hal ini dapat dengan mudah menghitung jumlah pengunjung dari situs yang digunakan dengan bantuan Google Analyst. Cukup masuk dalam laman ‘Audience’ lalu pengguna dapat memilih ‘Overview’ dan melihat jumlah pengunjung situs tersebut.

2. Perhitungan Pageviews

Hal yang sama juga dapat digunakan untuk melakukan perhitungan pageviews dengan laman ‘Overview’ yang tersedia di sana. Akumulasi dari jumlah pageviews tersebut akan dilakukan selama dalam hitungan tiga puluh hari atau satu bulan.

BACA JUGA:  Pengertian Internet Adalah, Sejarah, Manfaat dan Fungsinya

3. Perhitungan Rata-Rata Pagesize

Ukuran file yang terdapat dari setiap website merupakan pengertian dari page size dimana hal ini juga harus diketahui sebagai bahan perhitungan. Speed test dapat dilakukan untuk mengetahuinya dan biasanya pengguna akan memakai bantuan situs lainnya.

4. Perhitungan Keperluan Bandwidth

Proses perhitungan ini dilakukan pada proses paling terakhir setelah semua bahan hitung sudah dikumpulkan sebelumnya. Keperluan Bandwidth bisa didapatkan dengan menghitung rata-rata pagesize dikalikan dengan rata-rata pengunjung, lalu dikalikan lagi dengan rata-rata pageviews.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!