Home ┬╗ Bahan Jersey Adalah? Berikut Jenis dan Berbagai Kelebihannya

Bahan Jersey Adalah? Berikut Jenis dan Berbagai Kelebihannya

Bahan jersey adalah jenis kain yang sekarang cukup populer. Kepopuleran ini terjadi karena penggunaannya sangat banyak.

Memang bahan jersey sendiri lebih banyak dipakai untuk membuat pakaian olahraga.  Namun perlu diingat kalau pakaian olahraga ini bukan satu-satunya pakaian yang menggunakan bahan jersey.

Biasanya bahan jersey juga sering digunakan untuk pakaian muslimah. Kerudung adalah salah satu jenis yang paling umum.

Bahan Jersey

Penggunaan bahan jersey untuk kerudung sendiri bisa diwajarkan mengingat sirkulasi udara pada bahan ini sangat baik. Dengan baiknya sirkulasi udara tersebut, Anda pasti nyaman ketika menggunakan kerudung tersebut dalam waktu lama.

Perlu diingat, bahan jersey adalah jenis yang bisa dijadikan opsi terbaik ketika membutuhkan bahan yang nyaman dipakai.

Namun masalahnya, pemahaman dari bahan jersey ini sekarang belum terlalu diketahui. Kondisi ini bisa diwajarkan mengingat informasi lengkap mengenai bahan jersey sendiri masih kurang.

Bahan kain Jersey

Ketika akan menggunakan bahannya untuk membuat pakaian, ada baiknya Anda mengetahui pembahasannya dulu secara mendalam. Cara ini sangat efektif untuk memperkecil kemungkinan kecewa karena hasil yang didapat tidak sesuai dengan keinginan.

Perlu diketahui, ada banyak orang yang merasakan masalah semacam ini dan hasil yang didapat kurang memuaskan.

Daftar Isi

Perkembangan Bahan Jersey

Bahan jersey adalah jenis yang sekarang popularitasnya meningkat. Perlu diketahui, nama jersey yang digunakan sendiri memiliki makna.

Ini merujuk pada kota Jersey yang berada di antara Prancis dan Inggris. Perlu diketahui, bahan jersey sendiri sebenarnya mengalami pengembangan yang cukup unik.

Di awal kemunculannya, bahan jersey ini terbuat dari wol. Namun sekarang, penggunaan bahan tersebut sudah mengalami peralihan.

Sekarang, jersey ini sudah termasuk ke dalam kain rajut. Ini merujuk pada kombinasi serat katun dan sintetis yang sekarang digunakan sebagai bahan.

Bahan kain Jersey

Sifatnya sendiri sangat elastis sehingga mudah meregang ketika digunakan. Selain dari sejarahnya, bahan jersey adalah kain yang terkenal karena tekstur yang dimilikinya.

Tekstur dari kain ini bisa dikatakan sangat khas. Permukaannya bisa dibilang sangat halus namun sama sekali tidak berbulu.

Selain itu, ketebalannya juga bisa dikatakan sangat baik karena jauh lebih tinggi ketika dibandingkan dengan jenis kain lain.

Apabila Anda sedang menggunakan bahan jersey, pilihlah tipe yang besar dan tebal. Ini perlu dilakukan untuk menghindari kondisi ketat yang terkadang mengganggu.

BACA JUGA:  Bahan Kain Spunbond Adalah | Kelebihan dan Penggunaannya

Jika terlalu kecil dan tipis, pakaian pasti akan pas di tubuh sehingga lekuknya menjadi terlihat. Kondisi ini nantinya pasti akan merugikan Anda.

Berbagai Jenis Bahan Jersey

Bahan jersey adalah tipe yang jenisnya sangat banyak. Oleh karena itu, Anda melakukan kesalahan jika menganggap tipe bahannya hanya satu atau tidak.

Jika berbagai jenis tersebut belum diketahui, Anda sudah berada di tempat yang tepat.

Disini akan diberitahukan lebih lanjut mengenai beberapa tipe yang layak dipilih. Oleh karena itu, berikut ulasannya secara lebih detail.

  1. Drifit

Bahan jersey adalah tipe kain yang terkenal karena sifatnya yang sejuk. Kondisi ini akan terasa ketika menggunakan bahan drifit.

Itu karena, kondisi sejuk sendiri adalah salah satu keunggulan utama dari bahan tersebut. Drifit sendiri dibuat dari material serat nilon, katun, dan polyester.

Selain sejuk, drifit ini juga memiliki keunggulan dari bobot. Perlu diketahui, bobotnya sangat ringan sehingga Anda akan nyaman ketika menggunakannya dalam waktu lama.

  1. Spandek

Salah satu tipe yang paling populer dari bahan jersey adalah spandek. Spandek sendiri memiliki nama lain yaitu jersey korea.

Oleh karena itu, jangan terkejut jika beberapa tempat menyebut spandek sebagai jersey korea. Karakteristik utama dari spandek ini terletak pada serat permukaannya yang halus.

Selain itu, karakteristiknya juga cukup keset. Jangan lupakan kainnya yang didominasi oleh warna kalem sehingga tampilan akan terkesan lebih tenang.

  1. High Twist

Tipe populer lain dari bahan jersey adalah high twist. Keunikan utama tipe high twist ini terletak pada warnanya.

Itu karena, warna yang dimiliki oleh bahan ini cukup beragam. Jangan lupakan rajutan yang dimiliki oleh kain ini. Itu karena, rajutan yang dimilikinya bisa dikatakan sangat rapi.

Hal lain yang tidak boleh terlewatkan adalah tampilan dari seratnya. Itu karena, tampilan dari serat tersebut sangat mengkilap sehingga menambah daya tarik kain.

  1. Stella

Tipe selanjutnya yang juga patut ditambahkan saat mengulas bahan jersey adalah Stella. Perlu diketahui, Stella termasuk ke dalam jenis kain super yang sangat populer.

Bahkan keberadaannya sendiri hanya berada satu posisi di bawah spandek. Bahkan banyak orang yang sulit membedakan antara Stella dan Spandek.

Kain ini sendiri memiliki lebar di kisaran 1,75 m. Tetapi ingat, harga stella sangat tinggi sehingga Anda perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar.

  1. Serena

Tidak lengkap membahas bahan jersey tanpa memasukkan tipe Serena ke dalamnya. Itu karena, tipe Serena ini adalah salah satu jenis yang paling populer.

BACA JUGA:  Bahan Kain Akrilik (Acrylic), Sifat Beserta Cara Perawatannya

Anda yang sering membeli produk Adidas maupun Nike pasti terasa tidak asing dengan kain ini. Itu karena, kain Serena sendiri memang memiliki tekstur yang padat dan lembut.

Kondisi tekstur tersebut membuat serena cukup mirip dengan Adidas dan Nike. Selain itu, jangan lupa juga kalau kain serena ini memiliki elastisitas yang sangat tinggi.

  1. Etiway

Tidak lengkap membahas bahan jersey tanpa menambahkan etiway ke dalamnya. Itu karena, bahan etiway ini sangat populer karena karakteristiknya yang sejuk.

Perlu diketahui, etiway sendiri masih tergolong ke dalam tipe high waist. Hanya saja, etiway memiliki karakteristik rajutan yang tidak terlalu rapi.

Selain itu, kainnya sendiri akan jatuh saat digunakan. Anda juga bisa melihat kalau seratnya dibuat sedikit mengkilap.

  1. Crepe

Kain crepe adalah jenis jersey terakhir yang layak ditambahkan. Keunikan utama crepe ini terletak pada teksturnya.

Itu karena, tekstur yang dimiliki kain crepe mirip dengan kulit jeruk. Ketika melakukan pembelian, Anda bisa melakukan penyesuaian dengan kebutuhan.

Itu karena, kain crepe ini memiliki jenis ketebalan yang beragam sehingga Anda bisa memiliki sesuai dengan kebutuhan.

Kelebihan Kain Jersey Cukup Banyak

Hal yang wajib ditambahkan saat membahas bahan jersey adalah kelebihan. Itu karena, kelebihan bahan ini sendiri sangat banyak.

Salah satu kelebihannya yang paling menonjol adalah kemampuan menyerap keringat, kemampuan menyerap keringatnya sangat baik sehingga Anda pasti nyaman.

Jangan lupakan tingkat elastisitas dari kain jersey. Tingkat elastisitasnya sangat tinggi sehingga memakainya dalam waktu lama akan terasa nyaman.

Anda juga tidak akan bingung saat memilih warna. Variasi warna dari kain ini sangat banyak sehingga pasti membuat Anda merasa nyaman.

Tingkat ketebalannya sendiri bisa disesuaikan. Anda bisa menggunakan kain jersey dengan ketebalan tinggi maupun rendah.

Inti dari menggunakan kain jersey adalah memilih jenis yang sesuai kebutuhan. Itu karena, tipe dari kain jersey ini sangat banyak.

Perlu diketahui, kualitas bahan ini tidak perlu diragukan. Oleh karena itu asalkan pemilihannya dilakukan dengan baik, bahan jersey adalah tipe yang tidak akan mengecewakan Anda.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!