Home » Pengertian Auditor Keuangan, Tugas, Jenis dan Prosedurnya

Pengertian Auditor Keuangan, Tugas, Jenis dan Prosedurnya

Auditor keuangan menjadi bagian penting dalam sebuah lembaga besar atau perusahaan. Hal ini untuk melakukan pemeriksaan pada laporan keuangan secara menyeluruh.

Dalam menjalankan tugasnya, auditor memegang prinsip dan aturan. Laporan keuangan berisi data finansial dari perusahaan secara menyeluruh.

Dan rawan terhadap penyalahgunaan wewenang untuk kepentingan pribadi. Untuk menghindari hal tersebut, lembaga atau perusahaan membutuhkan seorang auditor.

Mengenal Apa Itu Auditor Keuangan

Sebelum mengetahui informasi lebih jauh tentang auditor finansial atau keuangan, ada baiknya kita memahami pengertiannya terlebih dahulu. Auditor finansial merupakan profesi yang bertugas untuk melakukan pemeriksaan laporan keuangan.

Setelah melakukan pemeriksaan, auditor finansial akan memberikan pendapatnya atas kewajaran dalam semua hal tentang keuangan. Seperti posisi keuangan dari hasil usaha, prinsip akuntansi hingga arus kas dalam perusahaan tersebut.

BACA JUGA:  Depresiasi Adalah: Pengertian, Cara Perhitungan dan Faktor yang Mempengaruhi

Kegiatan audit laporan keuangan bertujuan untuk mengetahui kewajaran dari data yang disajikan dalam laporan. Hal ini harus bisa dipertanggungjawabkan oleh pihak terkait.

Tugas Tersendiri dari Auditor Finansial

Seperti profesi lain, auditor finansial juga memiliki tanggung jawab atau tugas tersendiri. Tugas utama dari auditor finansial ada pada bagian perencanaan, pencatatan dan pengendalian segala pekerjaannya.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!