Warna kuning selalu diidentikan dengan warna yang ceria dan juga kebahagiaan. Arti warna kuning pada logo ini, bisa memberikan kesan positif pada suatu brand. Namun, walaupun memiliki kesan yang positif. Warna kuning tidak bisa digunakan dengan sembarangan.
Karena para pemilik atau pembuat logo, harus menyesuaikan warna dengan kesan brand yang ingin ditunjukkan. Kemudian, meninjau kembali apakah warna kuning yang digunakan sudah sesuai dengan kesan brand yang ingin diciptakan pada logo.
Arti Warna Kuning Berdasarkan Berbagai Aspek
Jika dilihat dari berbagai aspek, warna kuning memiliki beragam makna dan juga arti. Hal ini juga perlu diperhatikan oleh jasa desain logo, dalam menggunakan warna kuning. Hal ini, agar didapatkan kesan yang tepat dari warna kuning untuk logo.
Karena itu, berikut adalah arti dari warna kuning, jika dilihat dari berbagai aspek. Mulai dari artinya secara umum, dari segi psikologis, sampai filosofinya. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut:
1. Arti Warna Kuning Secara Umum
Sebagai range warna cerah, warna kuning selalu diasosiasikan sebagai warna kebahagiaan. Kesan ini, didapatkan dari warna kuning yang serupa dengan warna cahaya matahari. Jadi, warna kuning memberikan semangat baru pada para penggunanya.
Selain itu, karena merupakan warna yang mencolok. Warna kuning juga seringkali diasosiasikan dengan hal-hal penting dalam hidup. Misalnya saja, untuk pengumuman atau pemberitahuan perubahan yang besar.
Warna kuning yang cerah memiliki kemampuan untuk merangsang otak. Jadi, orang yang melihatnya lebih waspada dan lebih awas dalam mengambil keputusan. Karena itu, ada berbagai asosiasi dan emosi yang dikaitkan dengan warn aini.
2. Warna Kuning dalam Sudut Pandang Psikologi
Dalam sudut pandang psikologi, warna kuning sangat identik dengan kepribadian seorang yang ekstrovert. Ekstrovert adalah kepribadian yang memiliki sikap terbuka dan senang bergaul dengan orang lain.
Karena itu, dalam sudut pandang ini warna kuning dikaitkan dengan sifat yang attention seeker. Bukan dalam konotasi yang buruk, namun karena memang warnanya yang terang dan mencolok sehingga perhatian orang lain akan dengan mudah tertarik.
Warna kuning juga diasosiasikan dengan sikap yang cerdas dan bijaksana, karena warna ini disebut bisa mendukung proses berpikir logis. Orang yang menyukai warna kuning dan berinteraksi dengan warna memiliki kepribadian yang ceria, namun logis dalam pertimbangan.
3. Filosofi pada Warna Kuning
Seperti yang disebutkan, arti warna kuning didapatkan sebagian besar karena asosiasinya dengan warnanya yang serupa cahaya matahari pagi. Keceriaan dan kehangatan adalah poin utama dari filosofi warna ini.
Warna ini juga mengandung filosofi semangat baru, atau kelahiran baru. Sama seperti perasaan orang-orang yang masih bersemangat ketika pagi hari. Karena itu, efek positif dari warna ini selain menarik perhatian juga dapat membangkitkan semangat.
Penggunaan Warna Kuning Untuk Logo
Arti warna kuning pada logo bisa digunakan untuk kesan branding yang kuat dan juga menarik perhatian. Kesan ini bisa digunakan untuk berbagai logo produk mulai dari makanan, pakaian, dan berbagai produk lainnya.
Warna ini cocok digunakan untuk logo yang ingin mengkomunikasikan tentang energi yang baru, kebahagiaan pengguna, dan kualitas yang baik dari produk. Warna kuning juga bisa menimbulkan kesan menarik dan mencolok dari produk.
Jadi, logo dan branding yang ingin dibuat harus memiliki kesan seperti itu. Maka, arti warna kuning pada logo bisa mendukung kesan branding yang ingin dibangun. Padukan dengan warna lain yang memiliki shade lebih gelap untuk semakin menonjolkan kesan warna kuning.