Warna hitam adalah salah satu warna yang sering hadir pada sebuah logo. Hitam digunakan baik untuk warna dasar maupun warna outline dari sebuah logo. Namun tidak banyak yang tahu akan arti warna hitam dalam logo, yang sebenarnya bukan untuk duka saja.
Lantas apa saja makna dari warna hitam dalam sebuah logo? Untuk lebih jelasnya, simak beberapa arti berikut ini:
1. Elegan
Warna biasanya bisa meningkatkan awareness orang terhadap sebuah logo merek, atau brand. Jadi, cukup jarang warna hitam digunakan sebagai warna yang benar-benar khusus. Namun hitam juga sebenarnya bisa digunakan, karena mudah diingat sebagai atribut merek.
Hitam dikenal sebagai warna yang cukup elegan karena mewakili suatu kemewahan, kecanggihan dan eksklusifitas didalamnya. Hal inilah yang banyak dipikirkan orang, terkait warna hitam saat hadir dalam sebuah logo.
Cukup banyak brand diluar sana, yang menggunakan warna dasar hitam untuk logo mereka. Biasanya digunakan pada logo-logo untuk brand mahal. Hitam melambangkan keinginan atas kekuasaan, tegas dan tidak untuk dipermainkan.
2. Misterius
Selain elegan, arti warna hitam dalam logo juga disebut sebagai sang misterius. Banyak anggapan bahwa, warna hitam ini melambangkan suatu hal yang mencerminkan sesuatu yang berbau misteri.
Saat hitam digunakan, akan muncul suatu karakter yang dianggap misterius dan membuat penasaran. Warna ini banyak digunakan dalam beberapa brand fashion untuk logo mereka, agar terlihat sederhana namun tetap terlihat tegas dan tidak bisa dianggap remeh
Tidak akan ada banyak hal yang bisa diartikan dari sebuah warna hitam. Itulah mengapa orang tidak bisa meremehkan warna hitam ini, karena artinya yang tidak mudah ditebak kecuali orang yang membuatnya sendiri yang tahu artinya.
3. Klasik
Klasik adalah gaya yang bisa dimunculkan menggunakan warna hitam. Gaya klasik bisa dimunculkan, jika digabungkan dengan warna emas yang sedikit dipadukan dengan hitam glossy. Paduan warna tersebut akan memberikan pernyataan tegas dan mewah.
4. Formal
Beberapa perusahaan terkenal, membuat ulang logo mereka supaya lebih simpel dan menawan dengan sesuatu yang didominasi oleh warna hitam. Dari yang awalnya seperti logo yang unik, perlahan dibuat lebih formal dengan garis geometris yang saling menyambung.
Secara keseluruhan brand yang sudah mulai besar namanya, perlahan membuat tampilannya lebih elegan melalui logo agar terkesan profesional dan serius. Identitas ini demi memperkenalkan jiwa yang baru melalui ekslusifitas dan kemewahan lewat palet hitam.
Contohnya saja hitam tipe matte atau glossy bisa melambangkan sesuatu yang canggih. Identitas visual ini bisa memberikan desain klasik dan tegas dengan sedikit menarik perhatian lewat kilauan glossy. pembuatan logo ini dapat dipercayakan kepada jasa desain logo yang berpengalaman.
5. Kekuatan
Beberapa studi menyatakan jika hitam bukan hanya melambangkan rasa duka dan ketakutan. Hitam juga bisa bermakna sebuah kekuatan dan keberanian untuk menjadi sebuah logo.
Ada banyak hal yang bisa ditafsirkan sebuah warna hitam dalam satu logo. Kekuatan ini berarti keseriusan yang diusung dalam logo tersebut untuk melambangkan keseriusan yang sama dari pemilik logo.
Namun jika dilihat ulang hitam juga punya dua sisi yang berbeda. Disatu sisi bisa bermakna baik, disisi lain bisa juga dimaknai suatu hal yang buruk.
Semua itu kembali lagi pada persepsi dan penempatan warna hitam dalam logo. Tiap orang bisa menafsirkan hal yang berbeda-beda juga untuk warna hitam tersebut sesuai penempatannya entah itu di bidang kuliner atau fashion.
Demikian informasi yang bisa disampaikan mengenai arti warna hitam dalam logo. Sepertinya warna hitam ini bisa mengandung banyak arti karena sangat misterius dan bisa melambangkan banyak hal. Ini membuatnya banyak digunakan dalam banyak logo terkenal di dunia.