Di bidang desain, warna mempunyai arti dan makna masing-masing sesuai jenisnya. Salah satunya terdapat arti warna coklat pada logo yang bisa diketahui untuk mempertimbangkan pemilihannya. Umumnya warna akan memberi kesan tertentu untuk yang melihatnya.
Saat digunakan pada logo, sudah pasti ada pesan lain yang akan disampaikan oleh masing-masing warna. Selain itu, warna juga memiliki peran untuk menghidupkan konsep serta rancangan yang telah tersedia. Mengetahui arti dari warna pada suatu logo merupakan hal yang penting.
Arti Warna Coklat pada Logo
Coklat merupakan warna bumi. Warna coklat ini akan memberikan kesan yang hangat, aman, dan juga nyaman. Apabila ingin memiliki kesan logo yang mahal serta kualitas yang bagus, maka bisa menggunakan jasa desain logo yang tersedia.
Coklat ini dekat dan hampir mirip dengan warna emas sehingga akan memberi kesan sophisticated. Arti warna coklat pada logo yaitu memberikan suatu nuansa yang kuat dan juga bisa untuk diandalkan.
Warna coklat pada umumnya dipakai pada firma hukum selaku warna utama di dalam rancangan logo perusahaannya. Coklat ini menjadi suatu lambang atau warna pada tanah.
Warna coklat ini tidak banyak digunakan karena terlihat cenderung serius dan juga kasar. Selain itu manusia sudah mengasosiasikannya dengan hal penuaan serta pembusukan. Akan tetapi, warna coklat ini masih digunakan oleh sebagian pihak karena berkaitan dengan bumi atau alam.
Coklat ini memberikan kesan terhadap merek menjadi bersahaja serta tenang. Hal ini, tentu sangat bagus bagi perusahaan yang banyak melakukan pergerakan pada luar ruangan. Dikarenakan mewakili lambang penuaan, warna ini tidak jarang dipakai pada logo yang membutuhkan nuansa vintage.
Warna coklat berkaitan erat dengan sesuatu yang berhubungan dengan hal klasik, kesederhanaan, dan juga kenyamanan. Warna coklat ini mampu memiliki fungsi sebagai penyeimbang pada perpaduan warna yang kontras pada logo desain yang ada.
Untuk warna ini terinspirasi dari alam dengan makna melakukan representasi perasaan secara menyeluruh. Di samping itu, warna coklat juga mendeskripsikan ketertiban serta sifat yang tetap rendah hati atau membumi.
Tips Penggunaan Warna Coklat
Warna coklat dapat dipakai untuk suatu peringatan. Peringatan di sini merupakan hal yang mengingatkan orang-orang mengenai hal yang kotor.
Bertolak belakang dengan hal itu, warna coklat begitu bagus guna menyembunyikan hal kotor, apabila produk yang di branding bersinggungan dengan lumpur, hal kotor, serta tanah. Warna coklat ini mengkomunikasikan hal yang berhubungan dengan kejujuran.
Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menentukan Warna pada Logo
Suatu logo memiliki beberapa unsur dari komponen visual. Salah satu komponen visual adalah warna. Warna dapat meningkatkan pengakuan pada merek sebanyak 80%.
Penentuan warna logo baik saat membuat rancangan sendiri atau dikerjakan oleh desainer profesional, harus dibahas bersama tim perusahaan. Adapun hal yang harus adalah sebagai berikut:
1. Memperhatikan Target Pasar
Hal pertama yang dilakukan untuk menentukan warna dari logo adalah mencari informasi mengenai target pasar. Hal ini perlu ditentukan dahulu, supaya pemilihan warna akan tepat dan tidak mengalami kekeliruan.
2. Mempertimbangkan Konteks Budaya Target Pasar
Dalam penentuan warna pun harus melakukan pertimbangan pada konteks budaya dari target pasar perusahaan. Apabila keliru dalam hal ini, tentu akan menjadi suatu bumerang untuk perusahaan atau bisnis yang ada.
3. Memanfaatkan Paduan Warna yang Ada
Terdapat banyak nada warna yang dapat dipilih serta disesuaikan dengan perusahaan. Namun penggunaan kombinasi sebaiknya tidak terlalu banyak, paling banyak 3 kombinasi dalam satu logo.
Itulah arti warna coklat pada logo yang bisa dipertimbangkan dalam hal penentuan warna dalam rancangan logo. Coklat merupakan warna sederhana yang masih jarang digunakan oleh beberapa pihak, sehingga peluang untuk menonjol akan sangat besar jika menggunakan warna ini.