Saat ini, cukup banyak logo sebuah brand atau perusahaan yang menggunakan warna biru. Namun, apa arti warna biru pada logo? Semua warna tentu memiliki maknanya masing-masing. Inilah yang membedakan antara satu warna dengan lainnya, sebab ada makna yang ingin disampaikan.
Ketika melihat warna biru, ketenangannya membawa nuansa yang cocok untuk beristirahat. Rupanya, warna ini bisa mendorong tubuh untuk memproduksi senyawa yang menenangkan perasaan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai filosofi serta makna dari biru, mari simak dalam pembahasan berikut:
1. Menenangkan
Filosofi yang paling menonjol dari biru adalah ketenangan. Warna ini dikenal karena menunjukkan kekuatan dari sifat yang tenang, tidak mudah goyah. Biru menandakan sifat yang tidak suka diganggu ataupun mengganggu.
Biru juga lambang dari sifat pengertian serta sabar, sehingga dampaknya positif terhadap pikiran. Ketika emosi negatif sedang meningkat, warna yang paling dianjurkan untuk dekompresi adalah biru. Contohnya melihat laut atau kolam renang dengan pantulan biru, seringkali muncul perasaan tenang dan nyaman.
2. Profesional
Arti warna biru pada logo yakni kesan profesional. Sebab, biru membantu seseorang untuk menenangkan pikiran sekaligus meningkatkan kembali konsentrasinya. Hal inilah yang membuat biru dikaitkan dengan profesionalitas.
Selain itu, biru juga merupakan simbol rasa percaya, bahkan merangsang daya kreatifitas serta kemampuan berkomunikasi seseorang. Meski erat dengan sifat melankolis, biru juga memberikan kesan kekuatan, terutama di dunia bisnis.
Tidak heran banyak korporat yang menggunakan biru untuk meningkatkan kesan profesional. Contoh yang paling banyak menggunakan warna biru adalah perusahaan yang berkaitan dengan keamanan serta kepercayaan. Seperti bank, perusahaan keamanan, hingga teknologi.
3. Warna yang Langka di Alam
Biru termasuk warna yang banyak disukai oleh orang dan mudah untuk dijumpai. Namun kenyataannya, kemunculan warna biru sendiri di alam semesta merupakan sesuatu yang langka. Sebab, warna ini dihasilkan oleh campuran komponen fisika, kimia, serta evolusi tertentu.
Biru bukanlah pigmen asli, melainkan melibatkan pembuatan yang melibatkan struktur mikroskopis. Banyak ilmuwan yang tertarik meneliti warna ini, karena kemunculannya yang cukup langka.
4. Kesan Sedih dan Menyendiri
Sebagian orang mungkin pernah mendengar kata-kata “feeling blue”, yang bila diartikan yaitu merasa biru. Maksud dari biru di sini adalah sedih atau murung. Meski arti warna biru pada logo lebih ke arah profesional dan melambangkan kepercayaan, biru juga memiliki makna lain.
Warna ini seringkali dikaitkan dengan perasaan ingin menyendiri dan sedih. Dapat dilihat dari contoh lukisan karya seniman dunia yang bernuansa sedih begitu menonjolkan biru. Misalnya karya Picasso pada masa “Periode biru” yang terlihat amat sedih dan kesepian.
5. Kekuatan Komunikasi
Arti warna biru pada logo juga menunjukkan komunikasi, ekspresi verbal, hingga artistik. Sebab, biru yang menjernihkan pikiran dapat membuka kreativitas seseorang, termasuk bagaimana mengkomunikasikan dirinya lebih baik.
6. Kondisi Fisik yang Prima
Dari berbagai warna yang terdapat pada spektrum, biru termasuk yang dapat membantu meningkatkan nafsu makan seseorang. Di berbagai restoran, kedai, café, dan sejenisnya, banyak yang menggunakan piring biru untuk meletakkan makanannya.
Bahkan, biru juga dapat memperlambat kecepatan denyut nadi serta menurunkan suhu tubuh. Warna biru diyakini mampu mengurangi intensitas kecemasan, insomnia, bahkan migrain dan tingginya tekanan darah.
Demikian ulasan mengenai arti warna biru pada logo. Filosofi warna ini sangat positif, mulai dari kepercayaan, kebijaksanaan, stabilitas, hingga kesetiaan. Wajar jika warna ini banyak digunakan sebagai logo. Keindahan dan kesan yang diberikannya membuat banyak orang menyukai warna ini secara general.