Home ยป 6 Aplikasi Translate Aksara Jawa Terbaik Khusus Android

6 Aplikasi Translate Aksara Jawa Terbaik Khusus Android

Mempelajari aksara Jawa bisa menjadi cara untuk melestarikan bahasa daerah. Kini aplikasi translate aksara Jawa hadir untuk membantu pengguna belajar membaca maupun menulis. Nantinya aplikasi tersebut akan menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Jawa sesuai kalimat yang ditulis.

Tidak hanya itu, aplikasi tersebut dapat menerjemahkan aksara lain seperti Lampung, Bali, Kawi, dan sebagainya. Cukup unduh dan install dari PlayStore, pengguna pun bisa menikmati fitur di dalamnya. Berikut ini pembahasan tentang rekomendasi aplikasi terjemahan aksara Jawa yang wajib disimak.

1. Aksara

Aplikasi ini dikembangkan oleh Kampung Stoedio yang cocok untuk belajar bahasa Jawa. Aksara menawarkan fitur yang memudahkan pengguna untuk menulis huruf Hanacaraka maupun menerjemahkannya. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dengan tampilan sederhana.

Tidak hanya bahasa Jawa, pengguna juga bisa menerjemahkan dan menulis aksara dari daerah lain di Indonesia. Mulai dari aksara Kawi, Bali, Lontara Makassar hingga Batak Mandailing. Semua fitur tersebut bisa diakses gratis dengan mengunduhnya di PlayStore.

2. Bagaskara

Aplikasi translate aksara Jawa yang bisa dicoba yaitu Bagaskara. Aplikasi ini dikenal cukup akurat dalam menerjemahkan maupun menulis dari huruf Latin ke Hanacaraka. Bagaskara bisa dipasang di ponsel dengan mengunduhnya lewat PlayStore gratis.

Selain itu, aplikasi ini cukup ringan jadi tidak menghabiskan ruang penyimpanan di ponsel. Terdapat pula fitur keren yang dimiliki Bagaskara yaitu menerjemahkan aksara Jawa dengan kamera. Jadi, pengguna cukup mengambil gambar lalu hasil translate dapat muncul secara otomatis.

3. Translator Jawa

Dikembangkan oleh Mongosilakan, Translator Jawa ini menjadi aplikasi bisa diandalkan dengan fiturnya yang menarik. Aplikasi ini cukup ringan dan dapat diakses di ponsel dengan spesifikasi entry level tanpa takut lemot.

Pengguna dapat melakukan translasi dari bahasa Jawa ke Indonesia maupun sebaliknya dengan praktis. Fitur tersebut telah terstandarisasi dengan tata bahasa Jawa baku lengkap dengan tingkatan serta aksara. Tentu pengguna bisa mengunduhnya dari PlayStore tanpa biaya.

4. Nulis Aksara

Nulis Aksara sepertinya bisa menjadi rekomendasi aplikasi untuk belajar menulis dalam huruf Jawa. Pengguna dapat langsung latihan menulis kalimat, lalu padanan dalam aksara Jawa akan otomatis muncul. Selain itu, terdapat pula terjemahan kata untuk mengecek penulisan dan cara bacanya.

Pengguna juga dapat mempelajari aksara lain seperti Lampung, Sunda serta Bali. Jika ingin mencobanya, Nulis Aksara tersedia gratis di PlayStore bagi pengguna Android.

5. Hana.rip

Hana.rip masih dibilang aplikasi baru yang dirilis pada tahun 2021 oleh Dansvel sebagai pengembang. Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengubah teks Latin ke aksara Jawa dengan praktis. Pengguna juga dapat melakukan copy atau paste hasil dari terjemahan dengan gampang.

Tidak hanya itu, pengguna bisa mengetahui hasil transliterasi aksara Jawa dalam bentuk gambar. Hana.rip diketahui menggunakan pedoman penulisan aksara Jawa dari ahli maupun sumber terpercaya.

6. Nulis Aksara Jawa

Terakhir, pengguna kini bisa menerjemahkan Hanacaraka dengan praktis melalui aplikasi Nulis Aksara Jawa. Aplikasi tersebut dibesut oleh UZAN yang bisa diunduh melalui PlayStore secara gratis. Pengguna juga dapat mengaktifkan fitur keyboard dengan aksara Jawa langsung di ponsel.

Caranya cukup membuka pengaturan keyboard di ponsel, lalu aksara Jawa akan otomatis muncul. Selain itu, pengguna juga bisa mengakses berbagai aksara lain seperti Swara, Murda, dan lain sebagainya.

Demikian pembahasan tentang rekomendasi aplikasi translate aksara Jawa. Aplikasi tersebut hampir semua dikembangkan oleh developer lokal dengan memperhatikan tata bahasa yang benar. Selain itu, pengguna dapat mengaksesnya gratis dengan unduh dan install melalui PlayStore.

error: Content is protected !!