Home » Mengenal Apa Itu Venture Capital (Modal Ventura) dan Jenis-jenisnya

Mengenal Apa Itu Venture Capital (Modal Ventura) dan Jenis-jenisnya

Biasanya venture capitalist akan melakukan penilaian apakah sebuah startup dapat memberikan potensi keuntungan. Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh keuntungan juga menjadi perhitungan.

Kebanyakan venture capital diberikan kepada perusahaan yang memang sudah memperlihatkan potensi, terutama apabila usaha tersebut berpotensi mendapatkan cap perusahaan startup Unicorn.

Sebab dengan demikian, potensi keuntungan akan makin tinggi dan bisa didapatkan dalam waktu singkat. Karena pada dasarnya investor memberikan pendanaan bukan sebagai amal, tapi untuk meraih profit.

Daftar Isi

Jenis-jenis Pendanaan dari Venture Capital

Modal ventura yang saat ini diberikan sebagai bantuan usaha dari organisasi atau lembaga besar kepada pemula dalam bisnis memiliki beberapa jenis. Berikut beberapa jenis VC di pasar saat ini.

  1. Seed Capital

Ini merupakan pendanaan tahap awal, biasanya diberikan kepada sebuah usaha yang belum memiliki produk dan tidak terorganisir dengan baik. Oleh sebab itu, diperlukan pendanaan dari tahap paling dasar.

BACA JUGA:  Pengertian Pemegang Saham (Shareholder), Hak dan Peran Pentingnya

Di permulaan dana yang diberikan dalam jumlah kecil dan digunakan untuk penelitian pasar, pembuatan produk sampel, serta berbagai kebutuhan dasar lainnya. VC akan menilai perkembangannya, kemudian mempertimbangkan pendanaan selanjutnya.

  1. Startup Capital

Dalam jenis venture capital ini biasanya sebuah usaha sudah memiliki produk sampel dari awal. Sudah ada desain, perencanaan bahan baku, dan produksi sehingga dana yang dibutuhkan adalah untuk kebutuhan lanjutan.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!