Home » Mengenal Apa Itu Venture Capital (Modal Ventura) dan Jenis-jenisnya

Mengenal Apa Itu Venture Capital (Modal Ventura) dan Jenis-jenisnya

Apabila ingin mendapatkan pembiayaan ini, maka perusahaan baru tersebut harus berkembang dan memiliki prospek bisnis yang bagus. Selain itu, harus memiliki rencana usaha masa depan sehingga meyakinkan investor dalam menanamkan modal.

Venture Capital yang diberikan akan diawasi oleh ventur capitalist. Biasanya terdapat beberapa orang atau tim yang akan mengawasi aktivitas manajemen, administrasi pendanaan, penyaluran dana, hingga perkembangan bisnis.

Dalam perkembangan pasar saat ini keberadaan VC merupakan hal sangat penting, karena sangat memengaruhi ekosistem startup. Tanpa adanya VC sangat sulit bagi perusahaan baru untuk berkembang dan mendapatkan pendanaan.

Tantangan dalam Memberikan Venture Capital

Tentunya tidak mudah bagi perusahaan besar atau lembaga keuangan memberikan pendanaan pada bisnis baru. Karena usaha baru sangat rentan mengalami kegagalan, bahkan 9 dari 10 perusahaan startup mati dalam 3 tahun.

BACA JUGA:  Etika Bisnis Adalah? Pengertian dan Manfaatnya yang Harus Pebisnis Tahu

Sedangkan dana yang dibutuhkan untuk pengembangan usaha tidaklah kecil, mulai dari jutaan hingga milyaran rupiah dapat digelontorkan sebagai pendanaan. Dengan modal besar ini tentu saja harus ditanamkan di bisnis berpotensi tinggi.

Risiko besar membutuhkan penanganan tepat agar modal dikeluarkan memberikan keuntungan. Oleh sebab itu, pekerjaan sebagai venture capitalist tidaklah mudah. Sebab harus bisa menemukan perusahaan baru yang tepat.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!