Home ยป Apa Itu Insight Instagram Ditilik dari Kebutuhan untuk Strategi Bisnis

Apa Itu Insight Instagram Ditilik dari Kebutuhan untuk Strategi Bisnis

Instagram menjadi sosial media dengan fitur insight lengkap di antara media sosial lainnya, lalu apa itu insight Instagram yang membuatnya istimewa? Insight pada Instagram hanya akan ditemukan pada akun Instagram yang dapat diatur dalam mode bisnis.

Sesuai fungsinya, insight sangat berpengaruh pada Instagram yang mempromosikan produk, karena akan ada analisis dalam tiap postingan. Analisis ini berupa jumlah interaksi dan demografi follower yang termasuk di dalamnya usia, jenis kelamin dan letak geografis.

Menu yang Terlampir pada Insight Instagram

Insight merupakan kumpulan menu yang menampilkan perhitungan data aktivitas yang dilakukan pada akun Instagram pada setiap harinya. Reach, engaged dan total follower adalah 3 menu utama yang biasa tertampil di awal, dengan penjelasan sebagai berikut:

1. Account Reach

Dalam setiap postingan yang diunggah pada Instagram akan terlihat berapa banyak akun yang melihat atau terpapar postingan tersebut. Di menu Reach inilah laporan tersebut terlihat untuk melihat kondisi riil follower dan waktu upload yang tepat.

2. Account Engaged

Jika pada Reach terlihat kondisi follower, maka pada Engaged melihat bagaimana aktivitas follower tersebut terhadap sebuah postingan. Apabila sebuah foto dan poster ternyata lebih banyak jumlah like pada foto, itu berarti follower lebih menyukai foto.

3. Total Follower

Seperti dipahami bahwa jumlah follower menjadi target dalam pengembangan media social, maka pertumbuhannya patut dicatat setiap harinya. Hal ini untuk menghitung berapa pertambahan follower setiap harinya dan menganalisis sejauh apa value akun Instagram tersebut diminati.

Cara Penggunaan Insight Instagram

Berbicara tentang apa itu insight Instagram pastinya juga akan berbincang tentang bagaimana menggunakannya sebagai senjata membuat plan post. Dengan uji coba beberapa kali pada postingan Instagram sebelumnya, maka didapatlah ketertarikan follower dengan cara sebagai berikut:

1. Penggunaan Account Reach

Reach dapat mulai digunakan ketika postingan sudah cukup banyak dalam rentang waktu tertentu, baik itu seminggu maupun sebulan. Penentuan ini untuk mempermudah penghitungan analisis dalam waktu tersebut seberapa banyak yang terpapar dengan cara sebagai berikut:

  • Pada ponsel, setelah melakukan unggahan post beberapa hari, buka kembali Instagram.
  • Lalu, buka menu insight.
  • Kemudian, tentukan rentang waktu, apakah itu 7 hari, 14 hari, sebulan dan sebagainya.
  • Setelah itu akan tertampil jumlah total reach yang diperoleh dalam waktu tersebut dan juga persenan dari mana angka tersebut diperoleh.

2. Penggunaan Reach Audience

Ketika menampilkan produk bisnis atau sebuah edukasi tentang produk pada Instagram tentunya memiliki target tersendiri untuk dicapai. Dengan melihat audience dapat dilihat kesesuaian antara konsep awal dan realita audience di lapangan dengan cara sebagai berikut:

  • Masuk ke Instagram bisnis yang sudah melakukan aktivitas posting beberapa kali.
  • Kemudian, klik menu Insight.
  • Lalu, lihat pada tab audience.
  • Kemudian amati demografi audience yang melihat postingan, bandingkan apakah sesuai dengan target.
  • Setelah itu, lihat waktu terbaik saat posting dengan melihat jumlah audience tertinggi pada grafik.

3. Penggunaan Visits dan Followers

Follower menjadi modal untuk tersebarnya informasi secara berantai yang disampaikan melalui materi yang diposting pada Instagram. Pesan yang tersampaikan secara berantai inilah yang diharapkan pemilik produk untuk mengenalkan produk mereka, sedangkan cara untuk melihatnya adalah:

  • Aktifkan menu Insight pada postingan di Instagram.
  • Setelah itu, berikan rentang waktu untuk melihat pertambahan follower.
  • Kemudian lihat pada menu follower, akan tertampil beberapa item.
  • Disana akan terlihat jumlah total follower.
  • Lalu, pada masing-masing item terlihat penjelasan, seperti follows untuk jumlah penambahan follower dan unfollow adalah follower yang berkurang.

Demikian 3 item penting yang perlu dipahami dari apa itu insight Instagram sebagai bahan evaluasi bagi pemilik akun. Evaluasi perlu dilakukan berkala untuk menyesuaikan dengan trend dan kondisi follower agar produk terjual tepat sasaran.

error: Content is protected !!