Home » Memahami Analisis Laporan Keuangan, Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Memahami Analisis Laporan Keuangan, Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Memahami analisis laporan keuangan penting dilakukan oleh para pebisnis maupun perusahaan. Oleh sebab itulah pebisnis perlu membekali dengan pemahaman yang benar sehingga dapat menyerap manfaatnya.

Sebagai pebisnis penting bagi Anda untuk membuat laporan yang baik dan benar. Terlebih laporan tersebut digunakan sebagai dasar pengambilan berbagai kebijakan oleh perusahaan maupun pebisnis.

Pembuatan lembaran laporan secara umum didasarkan pada perkembangan perusahaan dan bisnis yang sedang berjalan. Misalnya seperti cash flow, keuntungan, maupun kerugian dari setiap aktivitas bisnis yang dijalankan.

Sehingga lembaran tersebut dapat menyajikan hasil perkembangan financial perusahaan selama periode tertentu. Laporan yang baik dan benar membantu pebisnis mengenali kondisi financial dan prediksi bisnis di masa depan.

Setiap pengusaha dan pebisnis perlu memahami analisa di dalam laporan financial yang telah dibuat. Sehingga perusahaan dapat mengambil manfaat dari adanya jurnal laporan yang dibuat oleh akuntan.

Pengertian Analisis Laporan Keuangan Menurut Ahli

Analisis Laporan Keuangan

Para ahli memberikan pengertian dan pandangannya mengenai kegiatan analisa berkas laporan keuangan perusahaan. Seperti misalnya pandangan dari Harahap lewat bukunya yang terbit pada tahun 2011.

Menurutnya analisa tersebut merupakan kegiatan penguraian pos-pos laporan yang berkaitan dengan keuangan menjadi unit informasi minimalis. Selain itu Harahap juga menjelaskan hubungan signifikan antara data kuantitatif dan non kuantitatif.

Kegiatan analisis laporan keuangan menurut Harahap untuk mengetahui kondisi keuangan pada perusahaan. Sehingga perusahaan dapat mengambil keputusan tepat berdasarkan hasil laporan yang telah dianalisa.

Dalam buku Harjito dan Martono kegiatan analisa tersebut merupakan analisis mendalam mengenai kondisi keuangan suatu perusahaan. Kegiatan tersebut melibatkan laba rugi dan neraca pada sebuah perusahaan.

Sementara itu laporan keuangan juga mempunyai makna tersendiri jika dilihat dari pendapat para ahli. Laporan berbasis keuangan dalam hal ini adalah penyajian terstruktur posisi financial suatu entitas.

Harahap di dalam bukunya tahun 2015 menyebutkan bahwa pembuatan laporan dimaksudkan untuk menggambarkan finansial entitas. Laporan dibuat perusahaan untuk melihat hasil usaha pada jangka waktu tertentu.

Dari berbagai pendapat para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa penguraian pos-pos laporan didasarkan pada laba rugi dan neraca. Sehingga diharapkan perusahaan dapat mengambil keputusan yang tepat.

Jenis Analisis Laporan Keuangan Perusahaan

Analisis Laporan Keuangan

Terdapat dua jenis berkas yang berkaitan dengan laporan financial perusahaan. Berikut ini adalah penjelasan jenis-jenis analisa laporan financial yang umumnya digunakan oleh perusahaan dan pebisnis:

  • Analisis laporan financial secara horizontal

Analisa horizontal secara umum terdiri dari data keuangan tahun terakhir dan masa-masa sebelumnya yang akan dibandingkan. Singkatnya jenis analisa tersebut mengandalkan perbandingan data yang telah dikumpulkan.

Jenis horizontal dikenal dengan istilah analisis trend yang digunakan dalam laporan financial. Analisa tersebut umumnya juga sering disebut pada fase moneter prosentase dan mata uang.

Perbandingan mata uang akan memberikan analisa wawasan yang berkaitan dengan aspek kontribusi. Dalam hal ini perusahaan perlu menganalisa aspek yang mempunyai kontribusi terhadap profitabilitas bisnis.

  • Analisis laporan financial secara vertikal

Analisis laporan keuangan secara vertikal adalah bentuk analisa yang dilakukan dengan metode perbandingan. Namun jenis yang satu ini menggunakan perbandingan masing-masing komponen total akun dalam laporan tunggal.

Analisa secara vertikal bisa diterapkan di bagian akun untung dan rugi dengan menggambarkan tajuk standar. Representasi tajuk standar tersebut dianggap sebagai presentase total omset tahunan.

Tujuannya untuk memudahkan penyaringan informasi apabila pembagian laba, pengeluaran dan biaya tidak sama. Analisa tersebut memungkinkan digunakan untuk membandingkan dan mengidentifikasi tren di tahun berikutnya.

Analisis yang satu ini digunakan untuk mewakili deretan angka yang ada pada laba dan rugi, neraca maupun catatan akuntansi lain. Biasanya analisa tersebut dibuat oleh seorang akuntan.

Analisa berdasarkan rasio secara umum dilakukan dengan membandingkan dua kuantitas. Rasio tersebut akan mewakili satu angka dengan yang lainnya seperti profitabilitas, efisiensi, lukuiditas, dan solvabilitas.

Manfaat Analisis Laporan Keuangan bagi Perusahaan

Analisis Laporan Keuangan

Laporan financial perusahaan yang telah dianalisis memberikan manfaat besar bagi perkembangan bisnis di masa depan. Berikut manfaat dari kegiatan analisa laporan financial bagi sebuah perusahaan:

  • Mengetahui posisi financial perusahaan

Secara umum perusahaan dapat menjalankan produktivitasnya apabila didukung dengan financial yang tertata rapi. Bayangkan jika perusahaan dijalankan tanpa adanya rencana dan penataan keuangan yang baik.

Tentu saja hal tersebut memengaruhi keberlangsungan dan produktivitas perusahaan di masa depan. Oleh sebab itulah analisis laporan keuangan mempunyai manfaat yang besar terhadap jalannya perusahaan.

Pembuatan laporan yang benar bisa membuat perusahaan mengetahui posisi dan kondisi keuangannya. Misalnya kondisi keuangan dalam periode tertentu yang berbentuk harta, modal, kewajiban maupun capaian tertentu.

  • Mengetahui kemampuan dan kelemahan perusahaan

Manfaat pembuatan analisa jurnal financial yaitu adanya tambahan pengetahuan bagi perusahaan. Jurnal laporan financial yang dibuat dengan baik dan benar bisa dimanfaatkan untuk menambah input perusahaan.

Perusahaan bisa mengetahui setiap kelemahan berdasarkan analisa yang dilakukan lewat jurnal keuangan. Hal ini lantaran di dalam laporan keuangan terdapat laba dan rugi serta akumulasi hasil produktivitas.

Selain mengetahui celah kelemahan perusahaan rupanya Anda dapat mendeteksi kemampuan bisnis. Hal ini memungkinkan karena laporan memperlihatkan posisi keuangan perusahaan dan prediksi di masa depan.

BACA JUGA: Tugas dan Jenis Auditor Keuangan

  • Mengetahui langkah perbaikan keuangan perusahaan

Manfaat analisa pada laporan keuangan selanjutnya yaitu mengetahui langkah perbaikan. Perusahaan pada dasarnya membutuhkan langkah perbaikan di bagian keuangan sejak dini demi keberlangsungannya aktivitas usaha.

Jadi, analisa penting dilakukan untuk menghasilkan laporan yang bermanfaat bagi perusahaan. Untuk itulah agar mendapatkan manfaat maksimal perusahaan perlu melakukan analisis laporan keuangan yang benar.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!