Home » 6 Alat Alat Usaha Minuman Boba yang Wajib Disediakan dan Analisa Modalnya

6 Alat Alat Usaha Minuman Boba yang Wajib Disediakan dan Analisa Modalnya

Menjalankan sebuah usaha yang memiliki perbedaan dengan pesaing memang sangat menguntungkan. Salah satunya dengan melakukan usaha minuman boba yang saat ini banyak disukai oleh masyarakat khususnya kaum millenial. Namun sebelum memulai usaha ini, seseorang tentu perlu menyiapkan beberapa alat alat usaha minuman boba.

Analisis Modal yang Dibutuhkan

freshpowderdrink.com

Modal termasuk hal penting yang harus dipersiapkan sebelum memulai usaha. Adapun modal yang dibutuhkan apabila seseorang ingin membuka usaha minuman boba ini tidak banyak. Dimana modal yang diperlukan hanya Rp1.500.000 saja untuk membeli perlengkapannya. Perlengkapan yang dibutuhkan seperti tepung tapioka untuk pembuatan boba.

Harga dari tepung tersebut dalam hitungan 1 kg adalah Rp14.000 dan sebaiknya dibeli dalam jumlah 10 kg. Selain itu, ada juga pembelian black tea yang mempunyai harga sebesar Rp115.000.

Ada juga pembelian bahan lain seperti susu, gula aren, dan sebagainya. Sisa dari pembelian bahan biasanya digunakan untuk membeli alat lain seperti gelas, pump syrup, dan lain-lain. Jumlah modal ini tidak dihitung dengan biaya sewa tempat atau ruko.

Peralatan yang Dipersiapkan

Apabila modal yang dibutuhkan sudah dipersiapkan, maka langkah selanjutnya dengan melakukan pembelian peralatan untuk usaha tersebut. Peralatan yang dibutuhkan pun cukup mudah ditemui oleh calon pengusaha.

Adapun jenis alat alat usaha minuman boba yang harus dipersiapkan akan dijelaskan pada pembahasan berikut:

1. Gelas, Sedotan, Sendok, dan Sekop

alat alat usaha minuman boba

Alat yang dibutuhkan tentu yang pertama adalah gelas sebagai wadah yang digunakan untuk menyimpan minuman yang ditawarkan. Bukan hanya gelas saja, sedotan pun harus dipersiapkan.

Ada juga sendok untuk mengaduk minuman tersebut dengan ukuran yang cukup panjang. Tidak lupa untuk menyiapkan sekop es kristal atau es batu yang digunakan.

2. Mesin Sealer dan Saringan

alat alat usaha minuman boba

Mesin Sealer juga sangat dibutuhkan apabila ingin memulai usaha minuman boba ini. Dimana mesin sealer ini berfungsi untuk merekatkan penutup gelas sebagai wadah minuman boba nantinya.

Ada juga dua jenis saringan yang dapat dipersiapkan yakni saringan untuk menyaring boba dan saringan untuk menyaring teh.

3. Shaker

alat alat usaha minuman boba

Shaker dapat diartikan sebagai salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengocok jenis minuman yang tidak membutuhkan alat blender. Dengan kata lain bahwa alat shaker ini digunakan untuk meracik menu minuman yang nantinya akan ditambahkan boba.

Oleh karena itu, shaker ini sangat penting untuk diperadakan oleh calon pengusaha minuman boba.

4. Sendok Bubuk dan Sendok Topping

alat alat usaha minuman boba

Sendok bubuk, topping, dan puding harus dibedakan karena bentuk dari bahan tersebut berbeda. Adapun sendok bubuk digunakan sebagai alat takaran bubuk minuman.

Berbeda halnya dengan sendok topping yang digunakan untuk mengambil topping seperti boba, buah-buahan, dan sebagainya. Selain itu, ada juga topping jelly yang ditawarkan oleh usaha minuman ini.

5. Jigger

alat alat usaha minuman boba

Alat jigger atau disebut sebagai cangkir dua sisi ini biasanya mempunyai ukuran 25 ml dan 40 ml. Tujuan diadakannya alat ini untuk menakar berapa banyak minuman maupun syrup yang ingin digunakan.

Memang cangkir ini mempunyai dua jenis takaran yakni untuk gelas minuman ukuran besar dan gelas minuman ukuran kecil.

BACA JUGA:

6. Gelas Ukur

alat alat usaha minuman boba

Gelas ukur yang dapat digunakan untuk menjalankan usaha minuman boba ini cukup 100 ml saja. Bentuk dari gelas ukur ini tidak jauh berbeda dengan shaker namun gelas ini mempunyai handle.

Dengan begitu posisi tangan pada saat memegang gelas ini terasa lebih nyaman. Selain itu, gelas ini sudah dilengkapi garis hitungan ml di bagian samping.

Itulah penjelasan lengkap mengenai modal yang dibutuhkan apabila ingin membuka usaha minuman boba. Selain itu, berbagai alat alat usaha minuman boba pun harus dipersiapkan oleh calon pengusaha.

Dengan tujuan agar pada saat menjalankan usaha ini tidak perlu khawatir terhadap alat yang akan digunakan.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!