Tautan/link afiliasi dan iklan biasanya akan digunakan dengan cara yang informatif, menarik, dan bermanfaat bagi calon pembeli. Itu bisa berupa tutorial video atau ulasan produk. Penjual akan menyediakan program ini dan terbuka bagi banyak orang.
Afiliasi dapat bergabung dengan mendaftar program pemasaran afiliasi, kemudian akan mendapatkan ID unik dan URL yang dapat dilacak untuk digunakan dalam konten yang mempromosikan produk penjual.
Ketika ada pengguna mengklik tautan afiliasi atau iklan tersebut, ada tambahan cookie di browser pengguna, linknya akan terlihat lebih panjang dari tautan penjual asli. Dan tidak semua program afiliasi bekerja dengan cara serupa, berikut ini jenis paling umum.
- Pay Per Click (PPC), merupakan jenis afiliasi yang akan mendapatkan kredit setiap kali konsumen mengklik tautan afiliasi mereka.
- Pay Per Sale (PPS), seorang afiliasi mendapatkan persentase dari penjualan yang rekomendasinya.
- Pay Per Lead (PPL), di mana jika tautan afiliasi menghasilkan prospek yang memenuhi syarat, mereka menerima komisi tetap.
Struktur dan persyaratan pemasaran ini tergantung penyedia program. Namun bagi penjual, pemasaran afiliasi merupakan cara yang sah untuk membangun penjualan karena memiliki tingkat pengembalian investasi yang sangat baik.
Banyak orang lebih bersedia untuk membeli jika mereka melihat orang lain telah menggunakan dan menikmati suatu produk. Strategi ini juga merupakan pilihan tepat untuk memasarkan produk yang lebih kompleks, dan lebih sulit dijelaskan melalui iklan biasa.